KUM-Jadoel

Karya Usaha Mandiri (KUM), merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang Jasa Pelayanan, Konsultansi dan Pengembangan Pembiayaan Mikro yang ditujukan khusus bagi rumah tangga miskin di pedesaan Indonesia dengan menggunakan pendekatan Grameen Bank. Grameen Bank adalah skim kredit bagi keluarga miskin di Bangladesh yang dinilai telah berhasil baik dan melibatkan sebagian besar wanita perdesaan. KUM dimulai pada bulan Juni tahun 1989, berlokasi di desa Curugbitung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

KUM-Jadoel-2

Perintis kaji tindak KUM adalah Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian, Badan Litbang Pertanian, Departemen Pertanian dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI). Sejak Tahun 1992, manajemen KUM berada di bawah LPPI. Hal ini dilandasi oleh maksud dan tujuan didirikannya LPPI, yang selain sebagai wadah untuk pengembangan profesionalisme perbankan juga dimaksudkan untuk meningkatkan nilai dan mutu pengetahuan perbankan melalui riset dan pengembangan. Kajian tindak KUM adalah sebagai salah satu diantara banyak wahana untuk meningkatkan nilai pengetahuan tersebut.

Sejak tanggal 18 April 2002, proyek Karya Usaha Mandiri dilembagakan menjadi Yayasan Pengembangan Karya Usaha Mandiri (YPKUM) dengan Notaris Ny. Ika Rini Hastuti Basuki, SH. Akta Notaris No.8 dan telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Cibinong Nomor:103/AN.YYS/2002 tanggal 23 Mei 2002 sehingga dalam operasionalnya akan lebih luas dan mandiri. Sejalan dengan diberlakukannya Undang-Undang Yayasan No. 16 Tahun 2001 tanggal 6 Agustus 2001 Yayasan Pengembangan Karya Usaha Mandiri, mengadakan Perubahan Anggaran Dasar yayasan tertanggal 27 Desember 2002 nomor 37, dan telah dimuat dalam tambahan berita negara RI tanggal 8/6 No. 46. Tanggal 5 Mei 2007, YP-KUM dilembagakan menjadi Koperasi Karya Usaha Mandiri berdasarkan persetujuan dari Departemen Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bogor. Dalam memberikan pelayanan yang lebih luas lagi dan status kelembagaan yang tepat dan kuat maka tanggal 24 April 2008 diterbitkan Akte Pendirian Koperasi Karya Usaha Mandiri No. 57 Notaris Nyonya Ika Rini Hastuti Basuki yang memuat Anggaran Dasar Koperasi. Selanjutnya, pada tanggal 6 Mei 2008 mendapatkan Pengesahan dari Kantor Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dengan No. 518/161/BH/KPTS/KKUM/2008. pada tanggal 08 januari 2016 koperasi karya usaha mandiri mengadakan perubahan anggaran dasar no.02 dari konvensional menjadi syariah Notaris Nyonya Ika Rini Hastuti Basuki yang memuat perubahan anggaran dasar tersebut, dan pada tanggal 17 November 2016 koperasi karya usaha mandiri syariah melalui kementrian koperasi dan usaha kecil dan menengah republik indonesia merubah anggaran dasar dengan Nomor : 212/Dep.1/XI/2016 perubahan wilayah keanggotaan semula wilayah kabupaten bogor menjadi wilayah Lintas Provinsi.