Seiring dengan meningkatnya perekonomian masyarakat yang berimbas pada tingkat kebutuhan pendampingan pembiayaan usaha maka Koperasi Karya Usaha Mandiri (KUM) mengembangkan unit pelayanannya dengan pola Mandiri II yang bertujuan untuk lebih dapat menjadi mitra bagi binaan secara lebih merata.

Pola pembiayaan pada Mandiri II lebih diorientasikan pada calon binaan yang memiliki usaha lebih besar di wilayah kerja KUM baik calon binaan baru maupun mutasi pada Mandiri I, dan tidak hanya diperuntukan bagi kaum wanita saja. Untuk bisa mendapatkan pendampingan Mandiri II setiap calon anggota tidak harus menggunakan pola kelompok, dan untuk setiap transaksi dapat dilakukan pada unit KUM setempat dengan atau tanpa agunan yang menunjang mendapatkan pembiayaan untuk usahanya, dan melengkapi persyaratan administratif serta mengisi beberapa formulir yang disediakan dalam pemenuhan kebutuhan data yang akan dijadikan tolak ukur dalam perkembangan usahanya. Adapun pelayanan pada Mandiri II meliputi :

  1. Mudharobah
  2. Murabahah
  3. Qard
  4. Istishna
  5. Ijarah

Plafon awal bagi binaan baru Mandiri II Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah) dan mutasi yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan untuk perkembangan usahanya dengan merujuk pada prestasi Mandiri I dengan pola bagi hasil sesuai kesepakatan dari kedua belah pihak.